Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun


WONOSOBO (FOKUSSABA)- Cuci tangan menjadi salah satu kegiatan yang sudah rutin dilakukan oleh semua kalangan masyarakat. Mencuci tangan menggunakan sabun termasuk cara yang paling mudah, efektif, dan terjangkau dalam pencegahan terhadap penyakit. “Tangan adalah anggota tubuh yang menjadi garda depan pintu masuknya kuman kuman penyakit. Maka dari itu kita harus benar-benar menjaga kebersihan, dengan melakukan aturan cuci tangan yang benar”, demikian jelas dr Diah Ekawati Arifin, dari Puskesmas Wonosobo. .

Hal tersebut dikatakanya saat sosialisasi dan penyuluhan kesehatan tentang gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun, bertepatan dengan peringatan hari santri di SD Almadina Argopeni Wonosobo, Senin (22/10). Di hadapan anak-anak, Diah menerangkan tentang pentingnya cuci tangan sebelum makan dan menerapkan hidup bersih sejak dini, dan mengajarkan bagaimana cara mencuci tangan dengan sabun yang benar. .

Masa anak-anak merupakan masa yang tepat untuk menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat. Pada masa ini, anak-anak akan mudah menerima hal-hal baru serta tertarik untuk menirukan dan mempraktikannya. Anak-anak perlu diperkenalkan dengan perilaku hidup bersih dan sehat yang sederhana dan yang dapat mereka lakukan, seperti mencuci tangan dengan sabun dan menjaga kebersihan. Dibantu petugas dari Puskesmas dia mencontohkan gerakan tangan yang benar kepada para pelajar. . 
Bupati Wonosobo Eko Purnomo, mengatakan, selain memperingati hari santri, juga mengajak anak-anak untuk memperingati Hari Mencuci Tangan Sedunia. Karena mencuci tangan, merupakan perilaku kecil namun berdampak sangat besar. Dengan membiasakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50%. . 
Karena menurut WHO, tangan adalah salah satu jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan, tangan adalah anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan mulut dan hidung. Berdasarkan hasil Riskesda 2013, adapun penyebab terbesar meninggalnya balita dan anak-anak Indonesia adalah penyakit diare dan ISPA. (AB) #fokussaba#wonosobozone #beritaonline

Pengumuman

PELAYANAN ONLINE KECAMATAN WONOSOBO

NOMOR TERBARU Pelayanan Online (Pelayon) Kecamatan WonosoboPelayanan Terpadu Kecamatan Wonosobo memb

JAM PELAYANAN KANTOR KECAMATAN WONOSOBO SELAMA BULAN RAMADHAN/ PUASA TAHUN 1441 H/ 2020 M

JAM PELAYANAN KANTOR KECAMATAN WONOSOBO SELAMA BULAN RAMADHAN/ PUASA TAHUN 1441 H/ 2020 M HARI SENIN

DAFTAR KTP-el DISTRIBUSI LEWAT PT.POS INDONESIA

Berikut adalah daftar pemohon KTP-el yang sudah jadi dan telah di distribusikan ke alamat masing-mas

PENGUMUMAN

PENGUMUMAN PELAYANAN ONLINE DISDUKCAPIL KABUPATEN WONOSOBO 

Aturan Terbaru Layanan Administrasi Kependudukan

Daftar Layanan Administrasi Kependudukan Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018A. Daftar

Pengumuman

Diberitahukan Kepada Pokja IV Desa/Kelurahan se Kecamatan Wonosobo untuk mengirimkan laporan kunjung

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

Kontak Kami

Jl. T. Jogonegoro No. 10A
Phone: (0286) 324608
Email: kecamatanwonosobo@wonosobokab.go.id
Website: https://kecamatanwonosobo.wonosobokab.go.id